Sejarah Coffe Wamena Papua

Sejarah Kopi Wamena.

Kopi Arabika Wamena merupakan salah satu kopi produk Indonesia yang sudah mulai dikenal di seluruh Indonesia dan manca negara. Kopi Arabika Wamena tumbuh di lembah Baliem pegunungan Jayawijaya Wamena tanpa menggunakan pupuk kimia, sehingga kopi Arabika Wamena merupakan kopi Organik karena tumbuh subur secara alami. Para petani kopi dibina langsung oleh Pemerintah Daerah dari Dinas Perkebunan dan Tanaman Pangan Wamena dan juga dibantu oleh Amarta dari Amerika untuk mengolah hasil panen kopi mereka.

Sejak Tahun 2008, kopi Arabika Wamena telah diekspor ke Amerika Serikat sampai sekarang. Pemerintah Daerah terus memperkenalkan kopi Arabika Wamena Papua dengan mengikuti pameran hasil pertanian di berbagai kesempatan pameran di Indonesia, khususnya di Jakarta.

BAGI penikmat kopi, sudah tentu tahu berbagai jenis kopi yang ada di Indonesia, dari Sabang sampai Merauke, kita memiliki kopi khas masing-masing daerah. Kondisi alam yang tropis membuat kopi dapat tumbuh subur dan menghasilkan pundi-pundi rupiah bagi para petaninya.

Nah di Papua, yang terkenal adalah kopi Wamena. Sejenis kopi Arabika ini tumbuh subur di wilayah ketinggian sekitar 15.000 kaki dari permukaan laut dengan suhu 20–25 derajat celsius. Kopi-kopi ini merupakan kopi yang diklaim memiliki kualitas terbaik, dengan kandungan kafein yang sedikit. Kopi Wamena memiliki aroma yang wangi dan khas, bertekstur soft, serta bagi penikmat kopi, kopi Wamena juga memiliki after taste (rasa yang muncul setelah minum kopi) yang manis.

Kopi Arabika Wamena Papua memiliki aroma dan cita rasa yang khas dibandingkan dengan cita rasa kopi Arabika yang lain.

Kelebihan Kopi Arabika Wamena

1. Tumbuh di daerah pegunungan Jayawijaya Wamena dengan ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut.

2. Tumbuh subur secara alami tanpa menggunakan pupuk kimia.

3.Memiliki aroma dan cita rasa yang khas.

4. Dapat digolongkan Kopi Organik berdasarkan proses pertumbuhan secara alami.

5. Tidak terasa asam karena memiliki kadar asam yang rendah sehingga aman diminum bagi semua orang.

Rasa Kopi Papua Wamena.

Rasa kopi papua wamena sangat unik, mulai dari aroma cokelat dan floral, asam yang sedang, sampai body yang medium. Banyak pendapat di kalangan penikmat kopi bahwa aroma floral yang jarang ditemui ini disebabkan oleh ketinggian tanah dan cara penanaman tanpa menggunakan pestisida.

Www.jarrakcoffe.com/Dar 15

Editor : Uta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *