Coffe Maker

Kopi Asli Indonesia “TIDAK KALAH” dengan Kopi Dunia

JAKARTA – JARRAKCOFFE.COM – Desember ini, misalnya, Excelso memperkenalkan Flores Bajawa. Di samping menu seasonal, pengunjung juga bisa menikmati menu single origin yang sudah ada, seperti Java Arabica, Sumatera Mandheling, Kalosi Toraja, dan Luwak Toraja. “Ini baru mulai pertengahan 2019. Tujuannya lebih mengedukasi kopi lokal kita, orang kan tahunya kopi hanya seperti Aceh Gayo, Lampung.” “Ternyata kopi Indonesia banyak juga, lho,” kata Apriyanto ketika berbincang di gerai Excelso Senayan City, Jakarta Selatan, Kamis (26/12/2019).

Merek kopi asli Indonesia, Excelso, misalnya, berupaya mengedukasi masyarakat agar lebih mengenal kopi asli Indonesia lewat seasonal single origin coffee menu. Area supervisor Excelso, Apriyanto Sastro menjelaskan, jenis single origin yang diperkenalkan akan berganti-ganti. Tujuannya, agar masyarakat mengenal lebih banyak jenis kopi asli Indonesia.

BACA JUGA : Ratusan Miliar Dana Investor Mengalir Deras Ke Startup Kopi

Indonesia punya banyak sekali jenis kopi dari berbagai daerah dengan rasa yang juga beragam. Namun, sudahkah kamu mengenal semua single origin khas Indonesia? Istilah Single Origin identik dengan era gelombang ketiga atau third wave coffee.

Minum kopi kini sudah menjadi gaya hidup yang membudaya bagi sebagian masyarakat. Meski kopi susu kini sedang naik daun, kopi hitam tetap memiliki tempat di hati para pencinta kopi.

Secara sederhana single origin mengacu pada asal mula, atau tempat pertama kopi itu berasal.

Kalosi Toraja, misalnya, diproduksi dari biji kopi dari perkebunan di Toraja. Bila bibitnya dipindah ke daerah lain, maka aroma kopi yang dihasilkan tidak akan sama.  Edukasi mengenai kopi khas Indonesia tak melulu kita dapatkan lewat sumber literatur, tetapi bisa juga lewat menikmati secangkir kopi.

Jarrakcoffee.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *