Etika Minum Coffe Di Dunia Beraneka Ragam Cara dan Gaya minumnya Untuk Mendapatkan Rasa yang Enak

Etika dan budaya minum kopi di dunia

Oleh : Dar 15

Jika berada di atas meja makan kita harus memperhatikan table manner, begitu pula dengan minumkopi pun juga memiliki etikanya sendiri. Walau tidak tertulis namun etika saat minum kopi ini sudah diikuti oleh banyak penggemarnya di seluruh dunia. Beberapa hal mungkin dianggap tidak sopan dilakukan saat minum kopi dan beberapa dianggap harus dilakukan. Bagi anda yang tidak ingin dianggap tak sopan maka harus memperhatikan etika minum kopi yang umum dilakukan di seluruh dunia.

Jangan lentikkan jari kelingking atau memisahkan kelingking anda dari jari lainnya saat memegang cangkir kopi. Pegang cangkir dengan seluruh jari pada tangan. Bila anda melakukannya maka anda dianggap sama dengan gaya kesombongan Victorian, Era yang tidak disukai karena dinilai tidak sopan.

Anda tidak boleh memasukkan es batu ke dalam kopi yang panas dengan tujuan untuk mendinginkannya.

Dalam situasi formal anda tidak boleh mencelupkan makanan ke dalam cangkir kopi misalnya biskuit, roti, kukis atau apa saja karena dianggap tidak sopan. Namun boleh melakukannya bila berada di dalam situasi non formal.

Sendok tidak boleh berada di dalam cangkir kopi kecuali untuk mengaduk, namun setelah mengaduk sendok harus diletakkan di sisi alas cangkir.

Keempat etika minum kopi di atas adalah hal yang biasa dilakukan di seluruh dunia. Namun, ada hal lain selain etika di atas yang menjadi perhatian kala minum kopi di beberapa negara. Seperti apa?

Italia.

1. Orang Italia terbiasa menyiapkan secangkir kopi bersama segelas air. Hal ini dimaksudkan agar si peminum kopi dapat segera membersihkan rasa dari kopi yang ia minum. Maka kehadiran air putih adalah wajib.

2. Ada penghormatan tersendiri bagi espresso di negara pizzaini. Espresso harus dipesan sebagai penutup makan. Namun memesannya haruslah ketika usai makan dan bukannya sebelum ataupun saat sedang makan.

3. Ada kebiasaan orang Italia yang jarang dilakukan oleh orang Indonesia yaitu menambahkan Liquor ke dalam cangkir kopi mereka.

4. Orang Italia sering menambahkan liquor ke dalam kopi mereka.

5. Bila di negara lain espresso-to-go adalah cara praktis dalam menikmati espresso namun tidak dengan orang Italia. Mereka menganggap memesan espresso-to-go adalah tabu.

6. Cappucino hanya dinikmati pada pagi hari saat anda belum makan. Jangan harap menemukan cappucino di luar waktu itu.

7. Espresso harus diminum dengan cepat dalam satu tegukan sama seperti istilah a shot standing at thebar.

Prancis

1. Lain Italia, lain lagi Prancis.
Di pagi hari, orang Perancis meminum cafà au lait dengan cangkir besar dengan tujuan agar mudah mencelupkan croissant ke dalamnya.

2. Orang Perancis punya kebiasaan unik, cangkir kopi dipegang dengan dua tangan dan bukannya satu tangan saja.

3. Hal tabu di Perancis adalah memesan minuman dengan rasa kopi. Bila ingin kopi maka pesanlah kopi, bukannya memesan minuman rasa kopi.

4. Tidak ada yang memesan kopi dengan tambahan whipped cream diatasnya.

Ethiopia

1. Ethiopia adalah negara asal kopi, maka dari itu kopi telah menjadi minuman nasional. Menikmati kopi di negara ini paling sedikit menghabiskan waktu 1 jam dalam satu hari.

2. Kebiasaan yang turun temurun dan tidak pernah berubah ataupun ditinggalkan yaitu menghirup aroma kopi perlahan-lahan sebelum meminumnya ditegukan pertama.

3. Di Ethiopia, menikmati kopi haruslah perlahan-lahan. Tabu bila meminumnya dengan terburu-buru.

4. Saat menyajikan secangkir kopi, gula selalu diletakan terlebih dahulu ke dasar gelas baru diseduh dengan kopi, tidak pernah sebaliknya.

Turki

Di Turki biasanya sehabis makan harus menikmati secangkir BlackTurkish Coffee bukannya segelas air putih.

Sehabis meminum Black Turkish Coffee akan disajikan permen khas Turki yang memang harus ada.

Bila secangkir kopi dirasa kurang dan tidak melepas dahaga yang dimiliki maka jangan memesan kopi gelas kedua, namun pesanlah teh. Ini memang sudah membudaya di Turki.

Black Turkish Coffee tidak disajikan menggunakan campuran pemanis, maka bila menyukai rasa manis, gula haruslah diletakkan terlebih dahulu ke dalam gelas baru diseduh dengan kopi. Dilarang sebaliknya.

Melihat bentuk ampas kopi ketika sudah menghabiskan kopia dalah budaya sebab pertanda baik selalu ada di sana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *